Tawassul Kepada Nabi yang Disyari’atkan dan yang Tidak Disyari’atkan
Tawassul Kepada Nabi yang Disyari’atkan dan yang Tidak Disyari’atkan
Mufti : Syaikh Abdul Aziz bin Baz
Kitab : Fatawa 'Ulama' al-Balad al-Haram
Bab : Aqidah
Fatwa no. 1/1
Pertanyaan: “Apa hukum bertawassul kepada Sayyidul Anbiya (pemimpin
para nabi)[1], dan
adakah dalil-dalil yang mengharamkannya?”
Jawaban: Berkaitan dengan tawassul kepada Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam terdapat perincian mengenai hal ini.
Apabila tawassul yang dimaksud adalah dengan cara ber-ittiba’
(mengikuti) kepada beliau, mencintai beliau, melakukan apa yang beliau
perintahkan dan menjauhi apa yang beliau larang, serta ikhlas di dalam
beribadah kepada Allah – Subhanahu wa Ta’ala -, maka inilah Islam, agama
Allah yang dengannya Allah utus para nabi, yang menjadi kewajiban atas seluruh mukallaf[2], dan
merupakan wasilah untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Adapun tawassul dengan cara memimta kepada beliau, ber-istighatsah
kepada beliau, memohon pertolongan kepada beliau untuk mengalahkan musuh-musuh,
dan meminta kesembuhan kepada beliau dari penyakit, maka hal ini adalah syirik
akbar (syirik besar). Dan ini adalah agamanya Abu Jahal dan yang semisal
dengannya dari para penyembah berhala (paganism). Dan begitu pun apabila
dilakukan kepada selain beliau, baik kepada para nabi, jin, para malaikat,
pepohonan, bebatuan atau pun kepada berhala-berhala.
Dan ada jenis ketiga dari bentuk tawassul, yang banyak dilakukan
oleh manusia, yaitu bertawassul dengan jah (kedudukan) beliau,
hak atau sosok beliau, sebagaimana yang diucapkan oleh seseorang: “Aku
memohon kepada-Mu Ya Allah, melalui Nabi-Mu, atau melalui kedudukan Nabi-Mu,
melalui hak Nabi-Mu, atau melalui kedudukan para Nabi-Mu, melalui hak para
Nabi-Mu, atau melalui kedudukan para aulia-Mu dan orang-orang shalih”, dan
yang semisal dengannya, maka ini adalah bid’ah dan termasuk sarana yang
membawa kepada kesyirikan. Tidak boleh melakukan hal ini, baik kepada beliau
ataupun kepada selain beliau. Karena Allah – Subhanahu wa Ta’ala – tidak
pernah mensyari’atkan hal tersebut, sedangkan ibadah itu bersifat tauqifiyyah
(harus ada dalil yang memerintahkan, -pent.), maka tidak boleh melakukan
salah-satu darinya kecuali telah terdapat dalil yang menunjukkan (memerintahkan
atau membolehkan, -pent.) kepada hal tersebut dari syari’at yang
suci ini.
Adapun tawassul yang dilakukan oleh seorang sahabat yang buta
kepada Nabi ketika beliau masih hidup. Maka yang dilakukannya adalah
bertawassul kepada beliau, agar beliau mendoakannya dan memohon syafaat kepada
Allah sehingga penglihatannya dapat kembali normal. Jadi, bukan bertawassul
dengan dzat (sosok) beliau, jah (kedudukan) beliau, atau
hak beliau. Sebagaimana hal ini dapat diketahui melalui konteks hadits[3], dan
sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para ulama as-Sunnah ketika menjelaskan
hadits tersebut.
Syaikhul Islam Abul ‘Abbas Ibnu Taimiyyah rahimahullah telah
memaparkan panjang lebar mengenai hal tersebut di dalam kitab-kitab beliau yang
banyak dan bermanfaat, di antaranya adalah kitab beliau yang berjudul “al-Qa’idah
al-Jalilah fii at-Tawassul wa al-Wasilah.” Ini adalah kitab yang sangat
bermanfaat dan layak untuk dirujuk dan dipelajari.
Dan hukum tawassul seperti ini diperbolehkan kepada orang yang
masih hidup selain beliau shallallahu ‘alaihi wasallam. Seperti misalnya
Anda berkata kepada saudara Anda, kepada ayah Anda, atau kepada seseorang yang
Anda pandang baik: “Berdo’alah kepada Allah untuukku agar Allah menyembuhkan
penyakitku”, atau “agar Allah mengembalikan penglihatanku”, “atau
agar Allah memberikan kepadaku keturunan yang shalih”, atau semisalnya. Hal
semacam ini diperbolehkan berdasarkan ijma’ para ulama. Wallahu waliyy
at-Taufiq.
Sumber: Majmu’ Fatawa wa Maqalaat Mutanawwi’ah, Syaikh Bin
Baz rahimahullah, Juz 5, hlm. 322 – 323.
[1] Sayyidul
Anbiya (سيّد
الأنبياء) artinya adalah
pemimpin atau penghulu para nabi, dan yang dimaksud adalah Rasulullah Muhammad shallallahu
‘alaihi wasallam berdasarkan sabda beliau,
((أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آَدَمَ يَوْمَ
اْلقِيَامَةِ وَلاَ فَخْرَ، وَبِيَدِيْ لِوَاءُ اْلحَمْدِ وَلاَ فَخْرَ، وَ مَا
مِنْ نَبِيٍّ يَوْمَئِذٍ آَدَمُ فَمَنْ سِوَاهُ إِلاَّ تَحْتَ لِوَاءِيْ وَ أَنَا
أَوَّلُ مَنْ تَنْشَقُّ عَنْهُ الأَرْضُ وَلاَ فَخْرَ)).
“Aku adalah pemimpin anak adam pada hari kiamat dan
aku tidak sombong, dan di tanganku bendera al-Hamd dan aku tidak sombong, dan
tidak ada seorang Nabi pun, tidak pula Adam juga yang lainnya ketika itu
kecuali semua di bawah benderaku, dan aku orang pertama yang keluar dari
tanah/kubur dan aku tidak sombong.” (HR. at-Tirmidzi no. 3614).
[2] Mukallaf
artinya seseorang yang dibebani oleh hukum syari’at.
[3]
Hadits yang dimaksud adalah hadits yang diriwayatkan oleh ‘Utsman bin Hunaif:
“Bahwasanya datang kepada Nabi -shallallahu ‘alaihi wasallam- seorang
lelaki yang buta dan berkata: ‘Berdo’alah kepada Allah agar Dia
menganugerahkan kepadaku kesehataan’. Lalu beliau bersabda: ‘Jika engkau
mau aku akan berdo’a untukmu sekarang atau aku urungkan dan itu kebaikan untuk
mu, engkau dapat memilihnya.’ Lelaki itu berkata: ‘Berdo’alah kepada-Nya
sekarang’. Maka beliau menyuruhnya untuk berwudhu’, lalu ia pun berwudhu’
dengan sempurna, kemudian shalat dua raka’at dan berdo’a dengan do’a ini,
اللَّهُمَّ
إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ
الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّي تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي
هَذِهِ فَتَقْضِي لِي اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِيَّ.
“Ya
Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu melalui
Nabi-Mu, Muhammad, Nabi yang penyayang. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku
menghadap kepada Rabb-ku melalui engkau dalam hajatku ini, sehingga engkau
dapat memutuskannya untukku.”
(HR. Imam Ahmad (8/138), dan at-Tirmidzi dalam ‘Kitab
ad-Da’awat’ (3578), an-Nasa’i dalam ‘Kitab ‘Amal al-Yaum wa al-Lailah’,
hlm. 204, dan Ibnu Majah dalam ‘Kitab Iqamah ash-Shalah’, no. 1385).
Post a Comment